Sabtu, 11 Mei 2013

PPP Tegas Menolak Rencana Kurikulum 2013

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih teguh dalam pendiriannya menolak pemberlakuan kurikulum 2013 yang masih belum siap dan masih boros anggaran. Hal ini dapat diamati dari sikap politik wakilnya di DPR RI, Reni Marlinawati anggota Komisi X DPR dari Fraksi PPP. Reni sudah menjadi anggota aktif di Panitia Kerja (Panja) kurikulum yang saat ini diperjuangan Kemdikbud untuk disetujui oleh DPR.

Reni melihat ada permasalahan yuridis yang melandasi kurikulum 2013. Di balik rencana Kemdikbud ada persoalan peraturan menteri pendidikan nasional (Permendiknas) yang belum diubah, khususnya untuk pemberlakuan kurikulum baru di tengah masih berlakunya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bagaimana Permendiknas tentang standar isi KTSP bisa berdampingan dengan pemberlakuan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar di kurikulum baru.

Sementara Kemdikbud bersikukuh pada rencana pemberlakuan kurikulum secara bertahap dan menyiapkan produk hukum untuk menimpa Permendiknas lama yang sifatnya bisa saling melengkapi; antara KTSP yang masih berjalan dengan materi kurikulum yang baru.

Selain masalah yuridis, subtansi kesiapan pemberlakuan kurikulum 2013 pun disoroti Reni terkait masih banyaknya guru yang nampak tidak siap mengikuti rencana Kemdikbud untuk menerapkan secara segera kurikulum 2013 di sekolah. Apalagi untuk guru madrasah, mengingat koordinasi antara Kemdikbud dan Kementerian Agama masih sangat jarang dilakukan.

Selanjutnya Reni yang berasal dari partai Islam berslogan “Rumah Besar Umat Islam Indonesia” menelisik permasalahan berubah-ubahnya anggaran yang diajukan oleh Kemdikbud untuk implementasi kurikulum 2013. Reni mencatat adanya angka baru sebesar Rp2,491 triliun sejak rapat dengar pendapat dengan Kemdikbud, Selasa lalu (19/02), padahal  angka yang sebelumnya pada Desember 2012 pernah diajukan oleh Kemdikbud sesuai keterangan Wakil Menteri Bidang pendidikan Musliar Kasim adalah Rp1,458 triliun.

Posisi PPP tampak masih teguh, menolak rencana kurikulum 2013 versi Kemdikbud. Rencananya wakil PPP di Panja Kurikulum, Reni Marlinawati akan kembali bertemu Kemdikbud di rapat dengar pendapat berikutnya bersama para anggota fraksi DPR lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar