Sabtu, 11 Mei 2013

Ratusan Politisi PPP jadi Penjamin Bachtiar Chamsyah

Mantan Menteri Sosial yang menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bactiar Chamsyah, terus mendapat dukungan moril dari rekan-rekannya di Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bahkan, para politisi PPP bersedia menjaminkan diri agar tersangka kasus dugaan korupsi penghadaan sarung di Depsos itu bisa memperoleh penangguhan penahanan.

Permohonan resmi agar Bachtiar memperoleh penangguhan penahanan pun kembali diajukan ke KPK, Rabu (25/08/2010). Menurut Wakil Ketua Departemen Bidang Politik DPP PPP, Hindartono, dalam permohonan itu belasan anggota DPR RI dari Fraksi PPP juga membubuhkan tanda tangan.

"Seluruhnya ada 115 kader yang siap jaminkan diri dan membubuhkan tanda tangan. Ada yang dari DPR RI, mantan DPR RI, pimpinan departemen, majelis syura DPP PPP dan dari DPRD Tingkat Dua (kabupaten/kota). Istri ketua umum (PPP) dan anak mantan ketua umum juga ada," kata Hindartono sesaat sebelum menyampaikan berkas permohonan penangguhan penahanan untuk Bachtiar di KPK.

Menurut Hindartono, ada beberapa pertimbangan dalam permohonan penangguhan penahanan yang diajukan ke KPK. "Beliau (Bachtiar) kan sudah sepuh," ujarnya.

Selain itu, Bachtiar Chamsyah juga diyakini sebagai pejuang sejati. Bahkan Ketua Umum Parmusi itu dinilai telah berjasa bagi bangsa. "Beliau adalah tokoh agama. Beliau juga berhasil membangun kembali Departemen Sosial yang sebelumnya pernah dibubarkan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Bachtiar telah ditahan KPK pada awal Agustus lalu karena tersangkut kasus korupsi pengadaan kain sarung di Depsos. Permohonan penangguhan penahanan Bachtiar sudah pernah disampaikan oleh pihak keluarganya, Parmusi, serta Gerakan Muda Pembaruan Indonesia (GMPI). Namun belum ada respon dari pihak KPK. Juru bicara KPK, Johan Budi, sebelumnya mengatakan bahwa permohonan itu masih dikaji.(rnl/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar